PROFESI DI BIDANG IT DAN PROFESIONALISME-DAY 3
A. Profesi
Profesi adalah panggilan/sebutan yang membutuhkan keahlian khusus dan persiapan akademik yang panjang dan intensif.Seseorang dikatakan “Professional Employee” ketika orang tersebut terlibat dalam pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan advance di bidang sains yang biasanya diperoleh melalui kursus intelektual khusus dan pendidikan di institusi pendidikan tinggi atau rumah sakit, dan dapat melaksanakan kebijakan atau aturan dan penilaian atas kinerjanya, serta dapat mendominasi karakter intelektual.
Ketiga persyaratan tersebut sangat dibutuhkan oleh IT Professional dalam mengatasi dunia komputasi saat ini. Selain itu, IT Professional juga harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan etika dan standar teknis dari sebuah profesi, yang mana standar teknis tersebut bergerak maju dengan sangat cepat dan luas disetiap industri, sehingga menuntut seorang IT Professional untuk selalu meng-upgrade keterampilan dan pengetahuan baru.
B. Profesionalisme
1) Pengertian
Profesionalisme
· Menurut KBBI,
Profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri
suatu profesi atau orang yang professional.
· Profesionalisme adalah kompetensi untuk
melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar dan juga komitmen dari
para anggota dari sebuah profesi untuk meningkatkan kemampuan dari seorang
karyawan.
· Profesionalisme juga bisa merupakan perpaduan antara kompetensi dan karakter yang menunjukkan adanya tanggung jawab moral.
Dapat disimpulkan bahwa Profesionalisme adalah sikap/karakter tanggung jawab dan komitmen dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar dari sebuah profesinya.
2) Ciri-Ciri
Profesioalisme di bidang TI
a. Mempunyai keterampilan yang tinggi dalam suatu
bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan
dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang IT
b. Mempunyai ilmu dan pengalaman serta
kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka dalam membaca situasi
cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar
kepekaan
c. Mempunyai sikap
berorientasi ke depan
d. Mempunyai sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain
3) Meningkatkan Etika
Professional di bidang IT
· Harus
open mind terhadap teknologi baru yang dibutuhkan perusahaan dan pasar
· Membangun
komunikasi dan hubungan yang baik di tempat kerja
· Melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik
dan benar, serta berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan di bidang IT
· Memahami berbagai standar etika
professional yang mengatur dan mengikat di masing-masing bidang profesi
berdasarkan pada Body of Knowledge (BoK) atau aturan yang mengikat di
masing-masing asosiasi profesi
· Memahami standar kode etik profesi IT, contohnya : IEEE Society, ACM, AIS, AITP, SANS, dll
4) Jenis Profesi di
bidang TI
a. Software
Engineering, berikut beberapa profesinya:
· Project
Manager
· System
Analist
· System
Architect/System Designer
· Programmer
· Mobile
App Developer
· Front-End
Developer
· Back-End
Developer
· Website
Developer
· Quality
Control (QC) Manager
· Quality
Assurance (QA) Manager
· UI/UX
Designer
b. IT Engineer, berikut
beberapa profesinya:
· IT
Support Manager
· IT
Support Specialist
· Network
Architect
· Network
Engineer
· Network
System Administrator
· IT
Security Specialist
· Technical
Support Engineer
c. IT Operations,
berikut beberapa profesinya:
· EDP
Operator
· System
Administrator
· Website
Administrator
· Helpdesk
Technician
· Helpdest
Specialist
d. Data & Business
· Data
Scientist
· Data
Analytics Manager
· Data
Center Manager
· Data
Quality Specialist
· Database
Designer
· Database
Administrator
· IT
Strategy Specialist
· Digital
Content Writer
· Online
Marketing Specialist
e. IT Management
· IT
Auditor
· IT
Consultant
· IT
Governance Specialist
Komentar
Posting Komentar